Posted by: mcenter | July 14, 2007

Batik Madura Harus Dilestarikan

   
 
Jum’at, 13/07/2007

PAMEKASAN (SINDO) – Menurunnya minat masyarakat terhadap kerajinan batik, membuat kerajinan khas Pulau Madura tergerus perkembangan zaman.

Untuk melestarikan produk kerajinan tangan itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Pamekasan membentuk Asosiasi Batik dan Bordir (ABB). Kepala Disperindag Pamekasan Moh. Bahrun mengatakan, pembentukan asosiasi tersebut sebagai wadah bagi seniman batik di Pamekasan. Pihaknya berharap dengan wadah tersebut, bakat dan minat pembatik tersalurkan. Selain itu, keberadaan asosiasi untuk membuka peluang pasar.

Menurut dia, selama ini pemasaran batik Pamekasan tidak terkoordinir secara rapi. ”Kalau mempunyai wadah, nanti koordinasi dan pengawasan kualitasnya lebih mudah,” terangnya, kemarin. Dia menandaskan,selama ini kualitas batik Pamekasan cukup bagus. Karena itu, kualitas yang sudah terkenal tersebut tetap dipertahankan, bahkan kalau perlu ditingkatkan.

”Keberadaan asosiasi ini juga diharapkan memerankan peran sebagai quality controlbatik Pamekasan.Sehingga, kualitas batik Pamekasan yang akan dijual ke pasaran tidak diragukan,”tandasnya. Untuk melestarikan kerajinan batik Pamekasan, pihaknya akan melakukan pembinaan sejak dini.

Dan kalau memungkinkan, pihaknya akan mengenalkan keberadaan batik Pamekasan hingga ke sekolah-sekolah. Sementara itu, Ketua ABB Ilzamuddin mengatakan, dukungan dari semua pihak menjadi pemacu semangat untuk melestarikan batik Pamekasan. Tanpa dukungan dari semua pihak keberadaan asosiasi tidak ada artinya.

Pihaknya berupaya mempromosikan batik Pamekasan hingga ke tingkat internasional. ”Sebenarnya, batik Pamekasan telah merambah ke pasar internasional seperti Malaysia, Arab Saudi dan Brunai Darussalam. Tetapi,pemasaran batik ke luar negeri belum terkoordinir secara rapi,”katanya. (ahmad baidowi)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: