Posted by: mcenter | July 14, 2007

HASIL-HASIL PENELITIAN SAPI MADURA


Sapi Madura adalah salah satu bangsa sapi asli Indonesia, banyak didapatkan di Pulau Madura. Salah satu kelebihan sapi Madura adalah tahan terhadap kondisi-pakan yang berkualitas rendah. Namun ada kecenderungan bahwa mutu sapi Madura menurun produktivitasnya atau terjadi pergeseran nilai (produktivitas) dari waktu ke waktu, yang sanipai saat ini pertyebabnya belum diketahui dengan jelas.
Telah dilakukan penelitian yang diarahkan kepada peningkatan produktivitas melalui seleksi bibit dan perbaikan pakan, tatalaksana pemeliharaan dan penanganan faktor sosial ekonomi pemeliharaan sapi Madura.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa dari 535 ekor sapi jantan muda yang diamati di P.Madura, ternyata sapi yang baik terseleksi sebanyak 30 ekor. Libido sapi Madura calon pejantan sangat kuat, tetapi produksi semen masih agak rendah, yaitu: rata-rata 1,0-1,3 ml/ejakulasi dengan konsentrasi 409 juta spermatozoa. Pemberian gliricidia sebanyak20% + dedak 1,5%bobotbadandenganjerami kedelaiad libitum meningkatkan bobot badan 451 gr/ekor/hari. Hasil pengamatar di Rumah Potong Hewan (RPH) Surabaya menunjukkan, bobot hidup dari sapi yang dipotong masih dibawah 250 kg dengan bobot karkas antara 50,96% – 51,72%. Dari segi tatalaksana pemeliharaan menunjukkan, sekitar 80% petani pemelihara menggunakan sapi Madura sebagai sapi kerja denganjumlah kisaran pemeliharaan 1,25-2,5 unitternak. Status pemilikan sapi Madura di peternak, antara lain: sebagai sapi sendiri dan sapi gaduhan. Ratio antara jumlah sapi gaduhan dengan jumlah tenaga kerja keluarga produktif masih rendah, berkisar antara 1,0 – 1,5.
Disimpulkan bahwa seleksi calon pejantan sapi Madura merupakan salah satu cara untuk meningkatkan mutu sapi Madura yang cenderung menurun. Gliricidia merupakan salah satu jenis tana man yang dapat dipakai untuk memperbaiki penampilansapi Madura.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: